Tips Belanja Aman Di Shopee

Karena efek Covid 19 sekarang banyak orang pilih cara praktis untuk belanja, salah satunya belanja di marketplace seperti shopee. jangan bingung marketplace itu apa ya, marketplace adalah perantara ketemunya penjual sama pembeli tapi secara online. karena online jadi kita gak bisa lihat barang yang mau di beli secara langsung. maka dari itu kita harus hati-hati memilih toko yang jujur supaya gak ketipu. karena banyak juga toko nge-jual barang yang dia jual tapi gak sesuai gambar dan deskripsi yang dia tampilin tokonya

Kali ini aku mau bahas, gimana sih tips belanja aman di shopee!

1. Sebelum belanja, pastiin dulu stok barang nya apakah masih ada atau kosong, caranya gimana? caranya kita bisa chat penjualnya melalui fitur chat yang ada di aplikasi shopee. Hati-hati pas disini kalo penjualnya gak respon chat kita, ya jangan beli di toko itu ya. lihat gambar ya


2. Selanjutnya kita bisa lihat rating produk dan testimoni dari pembeli-pembeli sebelumnya yang udah beli di toko itu. Rating produk dari pembeli di shopee itu antara 1-5, kalau 1-3 berarti gak bagus, tapi kalau 4-5 berarti ya bagus produknya, pastikan kamu baca testimonial dari para pembelu sebelum nya.


3. Perhatikan masa garansi pesanan. Di shopee ada yang namanya masa garansi pesanan. apa sih pesanan kok ada masa garansinya? nah, masa garansi shopee itu maksutnya perlindungan untuk pembeli dengan cara menahan dana pembeli sampai ada konfirmasi dari pembeli bahwa barang yang diterima dalam keadaan baik atau jasa kirim mengkonfirmasi pesanan sudah sampai di lokasi pengiriman. Jika sudah ada konfirmasi maka sistem shopee akan otomatis meneruskan dana dari pembeli ke penjual. 

Perhitungan Garansi Shopee dimulai dari tanggal konfirmasi pembayaran pesanan, yaitu: Periode Garansi Shopee = Masa Pengemasan + Estimasi Masa Pengiriman

Sebagai contoh: Masa pengiriman pesanan dari Jakarta ke Jakarta = 5 hari + (Dikemas).

Masa pengiriman pesanan daerah lainnya (bukan sesama DKI Jakarta atau antar daerah lainnya) = 8 hari + (Dikemas).

lah kalau pesanan yang di terima rusak atau kurang, terus gak terima pesanan gimana dong? Nah disini hati-hati jangan dulu klik "Pesanan Diterima" sebelum pesanan sampai di lokasi pengiriman dan sudah di cek barangnya itu dalam keadaan baik atau tidak, Selama masa garansi pesanan masih ada pembeli bisa "Perpanjang Masa Garansi" atau klik "Ajukan Pengembalian" supaya dana nya itu gak langsung diterusin ke penjualnya.(Artikel selanjutnya menyusul)

Kayanya itu dulu tips belanja aman di shopee. semoga bermanfaat.

Posting Komentar

Cookie Consent
We serve cookies on this site to analyze traffic, remember your preferences, and optimize your experience.
Oops!
It seems there is something wrong with your internet connection. Please connect to the internet and start browsing again.
AdBlock Detected!
We have detected that you are using adblocking plugin in your browser.
The revenue we earn by the advertisements is used to manage this website, we request you to whitelist our website in your adblocking plugin.
Site is Blocked
Sorry! This site is not available in your country.