Cara Membuat Partisi Hardisk Baru Pada Windows


partisi hardisk www.androidpilihan.com

Artikel ini menjelaskan bagaimana cara mempartisi harddisk pada PC windows. Ada beberapa keuntungan kenapa kamu harus mempartisi harddisk. Contohnya, jika PC memiliki dua partisi, satu untuk sistem operasi dan satu-nya lagi untuk data pribadi, dengan demikian dapat memudahkan kamu dalam mengelola data pribadi agar tidak bercampur dengan file-file sistem operasi. 

Kebanyakan dari mereka lebih suka memiliki banyak partisi untuk menghindari kehilangan data saat menginstall ulang Windows.

Pengertian Partisi?


Partisi merupakan cara untuk membagi penyimpanan hard disk menjadi beberapa bagian (Kalau bahasa Inggris nya disebut dengan istilah Disk Partition). Pada Windows, partisi dimulai dengan Drive C:, dan berlanjut sampai Z:. Jika kamu merasa drive "C" kamu memiliki ukuran terlalu besar, aku sarankan untuk dipartisi menjadi beberapa bagian.

Manfaat Partisi Hardisk


1. Mengelola data menjadi lebih mudah. Seperti yang sudah aku sebutkan diatas, jika kamu memiliki dua atau lebih partisi, satu untuk sistem operasi dan yang lain untuk data pribadi, kamu dapat dengan mudah mengelola data pribadi agar tidak bercampur dengan file-file sistem operasi.

2. Meningkatkan kinerja sistem menjadi lebih efisien. Misalnya pada sistem file NTFS (default Windows XP, 7, 8.x dan 10), ukuran hard disk besar akan memiliki Master File Table (MFT) yang lebih besar sehingga waktu akses juga lebih lama daripada MFT yang lebih kecil.
Dengan partisi yang lebih kecil Hard disk biasanya bekerja lebih baik, karena aksesnya menjadi lebih baik daripada satu partisi besar.

3. Dengan memiliki banyak partisi, kamu dapat menginstal beberapa sistem operasi dalam satu komputer.

4. Melindungi file, untuk memudahkan pemulihan sistem file yang rusak. Jika satu partisi rusak, partisi yang lain tidak akan terpengaruh.


Cara membuat partisi baru di Windows 10 menggunakan Disk Management


Cara mudah untuk membuat partisi di Windows 10 adalah menggunakan tool bawaan di dalam windows yang bernama 'Disk Management'. Berikut ini langkah-langkahnya:

Langkah 1: Buka Disk Management . Cara untuk menjalankan Disk Management adalah dengan menekan tombol "Winkey+X" pada keyboard, selanjutnya pilih opsi "Disk Management". 

disk management
Catatan: Jendela "Disk Management" terbagi menjadi dua panel. Panel atas menunjukkan daftar partisi. Panel bawah menunjukkan representasi grafis dari disk dan volume yang ada pada setiap disk.
jendela semua partisi

Langkah 2: Jika ingin membuat partisi baru, pilihlah salah satu partisi untuk di bagi menjadi partisi baru dengan mengklik kanan, lalu pilih opsi "Shrink Volume". (Dalam tutorial ini aku menggunakan partisi D:, pastikan partisi D: memiliki ruang penyimpanan yang cukup untuk dipecah menjadi partisi baru.).

shrink volume

Langkah 3: Perhatikan gambar dibawah ini yang menunjukkan ukuran total partisi saat ini, dan ruang penyimpanan yang tersedia untuk dipartisi. Pada contoh di bawah ini, aku akan membuat partisi baru dari partisi D: 33 GB menjadi sekitar 15 GB (15 GB sama dengan 15000 MB). Kemudian klik tombol Shrink.

membuat partisi baru

Langkah 4: Sepanjutnya kamu akan melihat partisi baru yang statusnya masih Unallocated dan belum bisa digunakan. Supaya partisi barunya bisa di gunakan, klik kanan di pada partisi yang Unallocated kemudian pilih opsi "New Simple Volume".


partisi hardisk

Langkah 5: Langkah selanjutnya akan muncul jendela "New Simple Volume Wizard", klik "Next" untuk memulai membuat partisi baru.

memulai membuat partisi baru

Langkah 6: Kemudian tentukan ukuran partisi yang ingin kamu buat dan kemudian klik tombol "Next". Di sini, saya membuat partisi baru yang menggunakan semua ruang yang unallocated yang tersedia pada disk.


menentukan ukuran partisi baru

Langkah 7: Pada halaman Assign Drive Letter or Path, tetapkan huruf drive (kamu bisa memilih huruf C sampai Z) dan kemudian klik tombol "Next".

menetapkan huruf drive

Langkah 8: Selanjutnya pada format partition, pilih file system yang akan digunakan dan tetapkan label volume. Jika sudah klik tombol "Next".


format dan berui label partisi

Langkah 9: Pada halaman Completing the New Simple Volume Wizard, klik "Finish" untuk membuat partisi baru di hard disk drive.


membuat partisi selesai

Setelah selesai, kamu akan melihat partisi baru tercantum dalam Disk Management dan kamu juga bisa melihatnya melalui File Explorer.

file explorer windows 10



Pada dasarnya, Cara membuat partisi baru di Windows 10 tidak jauh berbeda dengan versi windows sebelumnya, semoga artikel ini bermanfaat. Jika anda bingung tentang Cara partisi hard disk Windows 1, silahkan bertanya di kolom komentar ya. :)

Posting Komentar

Cookie Consent
We serve cookies on this site to analyze traffic, remember your preferences, and optimize your experience.
Oops!
It seems there is something wrong with your internet connection. Please connect to the internet and start browsing again.
AdBlock Detected!
We have detected that you are using adblocking plugin in your browser.
The revenue we earn by the advertisements is used to manage this website, we request you to whitelist our website in your adblocking plugin.
Site is Blocked
Sorry! This site is not available in your country.