Postingan

Cara Membuat Bootable Flasdisk Dengan Rufus


Rufus merupakan salah satu aplikasi komputer untuk membuat USB bootable. Dengan rufus, kamu bisa membuat windows 7/8/10 atau bahkan ubuntu bootable di flashdisk tanpa perlu lagi menggunakan DVD. Penggunaan Rufus juga mudah dan praktis karena rufus akan melakukan setting secara otomatis tergantung pada jenis ISO yang kamu gunakan. Jadi ketika kamu ingin membuat Flashdisk bootable dari ISO windows maka rufus akan melakukan setting otomatis agar sesuai dengan ISO windows, tapi jika kamu ingin membuat USB bootable dari ISO Ubuntu maka rufus juga akan secara otomatis melakukan setting agar sesuai dengan ISO Ubuntu. Pada artikel ini aku akan menjelaskan bagaimana membuat Flashdisk bootable Windows 10 pro x64 menggunakan rufus.

Cara membuat bootable Windows pada USB flashdisk


Alat-alat yang dibutuhkan:
  • ISO file windows yang ingin kamu buat bootable. Saya menggunakan ISO file Windows 10 Pro x64.
  • Versi terbaru Rufus ( Versi yang aku pakai rufus versi 2.15).
  • Flashdisk 8GB (Ukuran penyimpanan flashdisk yang dibutuhkan akan bervariasi tergantung ukuran ISO yang kamu gunakan)

Jika semua alat yang dibutuhkan sudah lengkap, jalankan Rufus. apabila sudah jalan aplikasinya kamu tidak perlu lagi setting pada rufus, karena Rufus akan secara otomatis melakukan setting default tergantung pada jenis ISO yang digunakan, karena aku pakai windows maka setting rufusnya menyesuaikan dengan windowsnya

Ikuti langkah-langkah untuk membuat bootable USB flashdisk


# Langkah 1: Download softwarenya, cari aja di google ketikan rufus. Jika sudah, tancapkan flashdisk ke komputer atau laptop.

# Langkah 2: Jalankan rufus. (pada tahap ini rufus akan secara otomatis mendeteksi flashdisk yang kamu tancapkan). lihat gambar di bawah ya.



# Langkah 3: klik icon floppy disk. selanjutnya cari file ISO Windows dan klik  "open". lihat gambar di bawah ya.



# Langkah 4: Apabika ISO windows sudah ditambahkan, selanjutnya klik "start". pada tahap ini rufus akan ada peringatan bahwa rufus akan memformat flashdisk sebelum bisa dibuat bootable. Klik OK saja.


# Langkah 5: Tunggu proses yang berjalan, jika sudah selesai klik "close". dan sekarang flashdisk sudah bisa digunakan untuk instalasi Windows 10 x64.



Semoga bermanfaat. dan jika kamu mengalami masalah saat mengikuti langkah-langkah diatas silahkan tanyakan di kolom komentar :).

1 komentar

  1. Trims ya infonya, bermanfaat sekali.
    Boleh dong kunjungan baliknya ke tulisan terbaru saya di Cara Memformat Flashdisk dengan Cepat atau Cek https://www.agres.id
Cookie Consent
We serve cookies on this site to analyze traffic, remember your preferences, and optimize your experience.
Oops!
It seems there is something wrong with your internet connection. Please connect to the internet and start browsing again.
AdBlock Detected!
We have detected that you are using adblocking plugin in your browser.
The revenue we earn by the advertisements is used to manage this website, we request you to whitelist our website in your adblocking plugin.
Site is Blocked
Sorry! This site is not available in your country.